9 Tips Bagi Ibu Menyusui agar Nyaman Mudik di Hari Raya! Penting Banget!

Hari Raya identik dengan yang namanya mudik atau pulang kampung. Siapa bilang Ibu menyusui tidak bisa ikut mudik? Bisa kok! Menyusui sama sekali tidak menjadi penghalang untuk mudik. Mau tahu bagaimana tips jitu bagi ibu menyusui agar nyaman mudik di hari raya? Yuk, simak selengkapnya.

Tips Ibu Menyusui

Tips Ibu Menyusui

Menjaga Kondisi Tubuh sebelum Mudik

Hal utama yang perlu disiapkan agar mudik Anda nyaman adalah kesehatan. Untuk menjaga kondisi tubuh Anda perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayur yang tinggi akan kandungan serat seperti bayam, kacang-kacangan, kubis, dll. Selain itu, kebutuhan vitamin juga harus Anda penuhi. Jangan paksakan untuk ikut mudik ketika badan sedang sakit, ya!

Siapkan Transportasi yang Sesuai

Mobil pribadi memang paling nyaman digunakan ketika mudik. Anda bisa mengatur posisi duduk yang paling nyaman dengan menggunakan car seat untuk menaruh bayi selama perjalanan mudik Anda. Hindari mudik dengan menggunakan motor. Motor memiliki risiko yang tinggi untuk keselamatan Anda dan si Bayi.

Pakai Baju yang Tepat saat Mudik

Anda juga perlu memerhatikan pakaian yang Anda gunakan ketika mudik agar mudah menyusui di dalam kendaraan. Pakailah baju yang berkancing agar mudah dibuka di manapun dan kapanpun. Siapkan stok baju berkancing Anda. Jika Anda menggunakan hijab, pakailah hijab style yang simple seperti kerudung segi empat dan hindari penggunaan pashmina.

Gunakan Kain Penutup Menyusui

Kain penutup menyusui atau apron sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin menyusui di perjalanan tanpa harus merasa malu. Apron digunakan untuk menutupi seluruh payudara dan bayi sehingga nyaman untuk menyusui di perjalanan. Pilihlah bahan apron dari bahan katun agar tidak panas ketika dipakai. Pilih bagian atas apron dari kain jala sehingga bayi mendapat sirkulasi udara dan dapat melihat wajah Anda.

Pakai Bra Menyusui

Bra menyusui atau breast pad tentunya sangat penting digunakan ketika Anda harus menyusui diluar rumah, terlebih ketika mudik. Bra menyusui membuat Anda tidak sulit untuk melepas bra, cukup buka penutup pada bagian areola. Bra jenis ini juga dapat menyangga payudara secara maksimal saat ASI penuh, sehingga sangat praktis. Pilihlah jenis bra yang berbahan lembut dari katun serta memiliki penyangga yang kuat tetapi tidak dari kawat.

Siapkan Bantal Menyusui

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah siapkan bantal untuk menyusui. Bantal menyusui ini berguna untuk mengurangi rasa pegal di tangan yang ditimbulkan karena menyangga kepala bayi selama dia menyusu. Pilihkan bantal menyusui dengan ukuran yang pas sesuai ukuran tubuh. Selain itu, carilah bantal menyusui yang dilengkapi dengan mainan untuk menjadi hiburan bayi selama perjalanan mudik Anda.

Siapkan Pompa ASI

Pompa ASI digunakan untuk mempermudah ibu memerah ASI selama perjalanan mudik sehingga lebih praktis. Memilih pompa ASI atau breastpumping yang cocok bagi Anda memang gampang-gampang susah. Terdapat dua jenis pompa ASI yang dijual di pasaran, yaitu manual dan electric. Sebelum Anda membeli pompa ASI, kenali dulu jenis pompa apa yang nyaman dan cocok bagi Anda.

Sediakan Selalu Cool Box

Setelah melakukan pompa ASI, taruh ASI di botol penyimpanan ASI, lalu simpan di dalam cool box. Cool box berupa kotak yang didalamnya dipenuhi es batu. Cool box digunakan untuk menjaga kondisi ASI perah selama 24 jam.

Bagaimana Agar Ibu Menyusui Bisa Tetap Bepuasa?

Jangan Lupa Hand Sanitizer

Hand sanitizer sangat penting untuk selalu dibawa ke mana-mana. Hand sanitizer digunakan untuk membersihkan tangan Anda dari kuman sebelum memegang payudara ketika hendak menyusui. Pilih hand sanitizer yang mengandung alkohol diatas 60%.

Nah, itu dia tips-tips agar ibu menyusui tetap ikut mudik dengan nyaman! Anda dapat mencari kebutuhan menyusui Anda ketika mudik di orami.co.id. Anda bisa gunakan diskon Ramadhan sale up to 50% untuk penuhi kebutuhan menyusui Anda. Yuk, buruan beli!