Terpisah Rombongan di Masjidil Haram, Ekong Raisan Terseret 438 Km hingga ke Madinah : Okezone Haji BERITA HANGAT!

Koran mengabarkan tentang Terpisah Rombongan di Masjidil Haram, Ekong Raisan Terseret 438 Km hingga ke Madinah : Okezone Haji.

MAKKAH – Apa yang terjadi pada Ekong Raisan cukup mengejutkan. Jamaah haji berusia 75 tahun itu terpisah rombongan dan akhirnya nyasar hingga ke Madinah.

Saat ditemui di Kantor Urusan Haji Indonesia Daker Madinah, Ekong Raisan bercerita. Peristiwa ini terjadi pada Rabu (6/9/2017) pekan lalu.

Cerita berawal dari jamaah Jatiwaringin, Jakarta Timur ini usai salat di Masjidil Haram. Tak sadar, jamaah asal itu terpisah dari rombongannya.

Dari situlah Ekong Raisan bingung di tengah ribuan jamaah di Masjidil Haram. Dia tidak tahu arah pulang ke pemondokannya di Makkah. Yang diingatnya hanya jalan keluar masjid. Dan teringat jika pulang ke hotel naik bus. Sayangnya dia tidak tahu bus apa yang ditumpanginya.

Biasanya jamaah haji Indonesia menggunakan bus salawat yang sudah disiapkan Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) secara gratis. Tak tahu apa itu Bus Salawat. Karena biasanya naik Bus Salawat bersama rombongan.

“Pokoknya ada bus, saya naik saja. Ternyata salah. Saat di bus, kok lama enggak sampai-sampai,” kata Ekong Raisan.

Ternyata Ekong Raisan bus yang ditumpangi menuju Madinah. “Pantesan lama,” ujarnya.

Selama perjalanan panjang Makkah-Madinah, hati Ekong Raisan resah. Saat ditarik ongkos bus, Ekong Raisan menolak. “Minta 50 riyal, saya enggak mau. Kenapa bayar,” ceritanya.

Ekong Raisan tahunya naik bus di Makkah tidak bayar. Begitu pengalamannya naik Bus Salawat. “Tapi tetap diminta, saya tetap ga mau bayar,” katanya.

Setibanya di wilayah Madinah, Ekong Raisan ditemukan oleh petugas haji Indonesia. Kemudian sang Ekong dibawa ke Kantor Daker Madinah. Dua hari menginap di kantor sebelum akhirnya diantarkan kembali ke Makkah. Sebab, jamaah haji Indonesia gelombang kedua baru akan ke Madinah pada 12 September 2017.

Selama menginap di Daker Madinah, Ekong Raisan sempat gelisah. Tak sabar ingin kembali berkumpul dengan rombongannya. Sempat tak mau makan. Setelah diajak ngobrol dan bercanda, pikiran Ekong Raisan mulai tenang.

“Mau ngopi kong?” tanya Rusdi, salah satu petugas haji Indonesia.

“Mau,” jawab Raisan.

Kegelisahan Ekong Raisan bukan tanpa alasan. Makkah ke Madinah bukan perjalanan singkat. Jarak Makkah-Madinah sekitar 438 km. Melalui perjalanan bus, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam.

(kha)

Hot update informasi disampaikan juga pada berita terbaru tentang Terpisah Rombongan di Masjidil Haram, Ekong Raisan Terseret 438 Km hingga ke Madinah : Okezone Haji.