Sedang Berlibur ke Banyuwangi? Jangan Lupa Membeli Oleh-Oleh Ini!

Kota-kota mana saja yang pernah kamu kunjungi di Pulau Jawa?

Berwisata mengunjungi berbagai kota di Pulau Jawa memang mudah karena Anda bisa naik kereta api. Apalagi kini tiket kereta api bisa dipesan secara online sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Salah satu kota istimewa yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah Banyuwangi.

Berlibur ke Banyuwangi

Berlibur ke Banyuwangi

Kota Banyuwangi tak hanya memiliki banyak objek wisata alam yang indah. Varian oleh-oleh khas kota ini juga senantiasa menjadi buruan para wisatawan. Kalau nanti Anda mengunjungi Banyuwangi, jangan lupa membawa oleh-oleh ini untuk anggota keluarga dan para sahabat:

Sale Pisang

Mungkin tak banyak orang yang tahu kalau Banyuwangi juga dikenal dengan julukan kota pisang. Kota ini memang memiliki hasil kebun berupa pisang yang melimpah. Untuk memanfaatkan persediaan pisang dalam jumlah banyak tersebut, pisang kerap diolah menjadi sale pisang. Proses pembuatannya tidak sulit,  tetapi membutuhkan waktu lama karena pisangnya harus dijemur sampai benar-benar kering. Saat ini varian sale pisang sudah semakin beragam. Selain sale pisang basah biasa, ada pula sale pisang goreng dan sale pisang gulung.

Ladrang Sabrang

Ladran sabrang merupakan camilan renyah khas Banyuwangi yang terbuat dari bahan dasar ubi ungu. Teksturnya sangat renyah dan bentuknya mirip seperti mie. Ladrang sabrang mengandung banyak beta karoten dan vitamin A yang berasal dari ubi ungu. Kini ladrang sabrang sudah mulai dikemas secara modern untuk menarik perhatian para wisatawan.

Keripik Rumput Laut

Jika Anda menyukai beragam jenis olahan dari hasil laut, pasti Anda juga menyukai keripik rumput laut khas Banyuwangi. Karena letaknya berada di pesisir pantai, Kota Banyuwangi memang memiliki hasil laut yang melimpah. Salah satu produk turunan dari hasil laut tersebut adalah keripik rumput laut tanpa MSG. Produk ini merupakan salah satu hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mulai dilirik para wisatawan.

Kopi Banyuwangi

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kopi khas, termasuk Banyuwangi. Bahkan Banyuwangi memiliki empat jenis kopi khas, yaitu kopi Kemiren, kopi Lanang, kopi Pingit, dan kopi Seblang. Masing-masing kopi tersebut memiliki karakter rasa yang sangat istimewa. Anda bisa membawa pulang kopi bubuk khas Banyuwangi sebagai buah tangan bagi orang-orang terdekat.

Tape Buntut

Tape buntut adalah makanan tradisional khas Banyuwangi yang sangat unik. Berbeda dengan jenis tape lainnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah, tape buntut dibungkus dengan daun jati yang membuat aromanya jadi lebih istimewa. Bentuk bungkusan tape ini memang seakan memiliki buntut sehingga populer dengan sebutan tape buntut.

Kue Bagiak

Kue khas Banyuwangi yang satu ini memiliki tekstur kering dan renyah. Kue bagiak terbuat dari campuran tepung kanji, susu, dan aneka bahan lainnya. Kini varian rasa kue bagiak semakin beragam dan menarik. Anda bisa membawa pulang kue bagiak dengan rasa cokelat, keju, nangka, durian, serta berbagai variasi rasa lainnya.

Bolu Kuwuk (Kelembem)

Bolu kuwuk dikenal dengan sebutan bolu telur di daerah lain. Tekstur kue bolu ini cenderung padat karena terbuat dari tepung terigu, telur, dan gula. Bolu kuwuk cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan tidak mudah hancur. Menyantap bolu kuwuk paling pas jika ditemani sajian kopi atau teh hangat.

Aneka oleh-oleh unik nan lezat tersebut tentu sangat menggugah selera, ya. Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika ingin membeli oleh-oleh tersebut. Semuanya tersedia dengan harga terjangkau bagi para wisatawan Banyuwangi. Selamat berburu oleh-oleh!