Saksi Jelaskan Kampanye Hitam saat Ahok Maju di Pilgub Bangka Belitung 2007 : Okezone News HOT UPDATE!

Hot update terbaru menyampaikan situasi terkini Saksi Jelaskan Kampanye Hitam saat Ahok Maju di Pilgub Bangka Belitung 2007 : Okezone News.

 

JAKARTA – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Juhri, menjelaskan fakta terkait jalannya Pemilihan Gubernur Bangka Belitung 2007, saat terdakwa dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi salah satu kandidatnya.

Saat itu, Juhri diketahui menjabat Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Belitung Timur. Ia menceritakan, saat ada non-Muslim yang mencalonkan diri sebagai gubernur di sana, maka akan muncul selebaran berisi ajakan untuk memilih pemimpin seagama, dalam hal ini beragama Islam.

Tapi, apabila semua calon gubernurnya beragama Islam, selebaran itu tidak akan ada.

“Kalau ada kandidat (gubernur) non-Muslim pasti muncul selebaran ini (di Bangka Belitung). Kalau Muslim (semua calon gubernurnya), pasti enggak muncul (selebarannya),” kata Juhri dalam persidangan, di Gedung Kementan, Selasa (14/03/ 2017).

 Sidang Ke-13 Ahok, Perdengarkan Keterangan Saksi Meringankan

Juhri menlanjutkan, saat itu ada lima pasangan calon yang maju betarung di Pemillihan Gubernur Bangka Belitung. Untuk calon gubernur yang non-Muslim saat itu hanya Ahok saja. Sedangkan untuk calon wakil gubernur yang non-Muslim juga ada satu orang saja, yakni bernama Anton Gozali yang beragama Buddha.

Secara langsung memang selebaran itu kata dia tidak menyebutkan nama Ahok. Tapi pemimpin yang dimaksud dalam selebaran itu selalu menuju ke calon gubernur, bukan ke calon wakil gubernur yang non-Muslim.

“Masifnya kalau (calon) gubernur kalau (calon) wakil gubernur tidak,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selebaran itu muncul secara sporadis bila calon gubernurnya non-Muslim dan hanya muncul saat Pilkada di Bangka Belitung.

“Kalau ada Pilkada munculnya secara spontan, sporadis,” tutur Juhri.

Berita hari ini yang mengejutkan seperti disampaikan situs media tentang Saksi Jelaskan Kampanye Hitam saat Ahok Maju di Pilgub Bangka Belitung 2007 : Okezone News.

Leave a Reply