Optimalkan APBN, Kemenhub Operasikan Pelabuhan Waingapu dengan Pelindo III : Okezone Ekonomi KONDISI TERBARU

Hari ini koran Indonesia menyampaikan tentang Optimalkan APBN, Kemenhub Operasikan Pelabuhan Waingapu dengan Pelindo III : Okezone Ekonomi.

WAINGAPU – Kementerian Perhubungan akan melakukan kerjasama pengoperasian Pelabuhan Waingapu dengan PT Pelindo III (Persero). Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sejumlah sektor transportasi,

“APBN itu semakin ketat, kita ingin anggaran APBN ini juga diperuntukan daerah-daerah terluar, terdepan dan daerah-daerah yang strategis. Pelabuhan Waingapu kita kerja samakan kepada swasta dalam hal ini PT Pelindo III. Kita akan kontrak pemanfaatan selama 30 tahun,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/9/2017).

Untuk itu, Budi Karya meminta nantinya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu bertindak sebagai regulator dan memastikan faktor-faktor keselamatan pada sektor laut di Waingapu.

Budi Karya juga meminta kepada PT Pelindo III untuk melakukan pengembangan dan peningkatan fasilitas di Pelabuhan Waingapu. Nantinya, diharapkan pelabuhan ini dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk kegiatan bongkar muat barang.

“Pelabuhan Waingapu harus diperpanjang, dermaganya dan peralatan ditingkatkan sehingga kapal yang datang lebih banyak dan bongkar muatnya lebih cepat. Jangan lagi di sini satu sampai tiga hari, kita maunya setengah hari selesai dan banyak kapal-kapal yang datang ke sini. Untuk itu Pelindo harus menginvestasi alat crane sehingga kapasitasnya lebih banyak dan lebih cepat,” ujar Menhub.

Budi Karya berharap, kerjasama dengan PT Pelindo III akan berdampak pada kehidupan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat diharapkan dapat meningkat, khususnya di Kabupaten Sumba Timur.

Sebagai informasi, Pelabuhan Waingapu saat ini memiliki dua dermaga. Pertama, terdapat Dermaga Nusantara II berukuran 120 m x 12 m. Dermaga ini dilengkapi dengan trestle seluas 80 m x 10 m serta lapangan penumpukan seluas 88 m x 21 m ditambah pelebaran 62 m.

Darmaga kedua adalah dermaga Pelra II seluas 70 m x 10 m yang dilengkapi tiga lapangan penumpukan. Lapangan penumpukan pertama memiliki luas 100 m x 63 m. Sementara itu, lapangan penumpukan kedua memiliki luas 27 m x 18 m, lapangan penumpukan ketiga memiliki luas 44 m x 18 m, dan Gudang seluas 30 m x 18 m.

Berita hari ini yang mengejutkan seperti disampaikan media Indonesia tentang Optimalkan APBN, Kemenhub Operasikan Pelabuhan Waingapu dengan Pelindo III : Okezone Ekonomi.