News (Teknologi) | Sony Berhenti Bikin Ponsel? SITUASI TERKINI

Kabar terbaru Indonesia tentang News (Teknologi) | Sony Berhenti Bikin Ponsel?.

Jakarta: Sony mengumumkan Chief Executive Officer (CEO) baru, menggantikan CEO sebelumnya Kaz Hirai.

CEO baru ini memiliki rencana baru untuk masa depan perusahaan asal Jepang tersebut, dan diperkirakan termasuk keputusan untuk tidak lagi berkecimpung di ranah perangkat konsumen.

Hingga saat ini, belum tersedia pernyataan resmi dari Sony. Informasi yang beredar menyebut Sony berencana meninggalkan ranah produksi perangkat konsumen, termasuk ponsel, kamera dan konsol populer karyanya, yaitu PlayStation.

Sejumlah pihak mengaku berharap informasi ini tidak akan menjadi nyata, namun CEO baru Sony Kenichiro Yoshida mengungkap rencana untuk perusahaan tersebut selama tiga tahun mendatang.

Rencana yang diumumkan Yoshida tersebut terfokus pada produk layanan dan bisnis inti Sony lain yang dinilai menguntungkan.

Pada presentasinya, Yoshida tidak menyebutkan perangkat untuk konsumen, termasuk ponsel. Sony dilaporkan memiliki sejumlah alasan yang mendukung keputusannya untuk tidak memproduksi perangkat konsumen dan mengalihkan fokusnya kepada produk layanan.

Kata kunci dari rencana tersebut adalah fokus. Sony menghasilkan keuntungan terbesar melalui bisnis produksi sensor kamera untuk industri kamera dan kamera ponsel, dilaporkan mencapai nilai miliaran dollar. Sementara itu, bisnis ponsel mobile Sony mengalami penurunan secara signifikan.

Perusahaan ini hanya mampu menjual sebanyak 10 juta ponsel selama tahun 2018, menurun dari 22,5 juta unit ponsel pada tahun 2017. Sony juga dilaporkan tidak mampu mempertahankan eksistensi produknya di luar wilayah Asia.

Menyoal Playstation 4, penjualan konsol game ini juga mengalami penurunan sebesar 18 persen pada kuartal terakhir, dan eksekutif Sony mengakui bahwa PS4 telah memasuki akhir dari siklus hidupnya.

PS4 masih merupakan bisnis yang baik bagi Sony berkat pendapatannya dari ranah gaming, streaming dan lainnya, namun konsol tersebut tidak lagi menjadi penghasil keuntungan satu-satunya Sony.

Sementara itu, ponsel terbaru Sony yaitu Xperia XZ2 dan XZ2 Compact merupakan perangkat dengan penjualan terbaik, sekaligus menjadi bukti bahwa Sony mengalami peningkatan.

Sony juga dilaporkan perlu meningkatkan upayanya dan menyamai perusahaan lain dengan desain minim bezel dan sebagainya, untuk dapat memperoleh peluang berkompetisi dan bertahan di ranah ponsel cerdas.

(MMI)

Cerita aneh menurut situs media tentang News (Teknologi) | Sony Berhenti Bikin Ponsel?.