MA Jamin Independensi Hakim Praperadilan Setya Novan TERJADI SUNGGUH?

Kabar terbaru Indonesia tentang MA Jamin Independensi Hakim Praperadilan Setya Novan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Agung (MA) memastikan tak ada perlakuan khusus terhadap praperadilan yang diajukan Setya Novanto. Ketua DPR itu mengajukan pemohonan praperadilan atas penetapan dirinya sebagai tersangka kasus korupsi proyek KTP berbasis elektronik (KTP-el).

“Kalau itu, independensi hakim dijamin di sini, itu dijaga,” tegas Kabiro Hukum dan Humas MA Abdullah di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat 8 September 2017.

Abdullah menyatakan MA memiliki intelijen yang mengawasi tindak tanduk hakim. Mereka bakal memelototi hakim terindikasi curang.

Namun, MA tak bisa mengawasi jalannya persidangan. Tindakan itu bisa dianggap mengintervensi psikologis hakim.

Ia meminta publik memberi keleluasaan kepada hakim untuk memutus perkara itu. “Saya rasa kalau kita itu sama-sama objektif akan mendapatkan hasil yang objektif juga,” tegas Abdullah.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) Made Sutrisna mengatakan Setya Novanto resmi mendaftarkan praperadilan pada tanggal 4 September 2017. Chepy Iskandar ditunjuk sebagai hakim dalam perkara itu.

Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 17 Juli 2017. Ia disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) atas Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP karena diduga mengakibatkan kerugian negara senilai Rp2,3 triliun dari total nilai proyek Rp5,9 triliun.

(OJE)

Cerita aneh menurut media Indonesia tentang MA Jamin Independensi Hakim Praperadilan Setya Novan.

Leave a Reply