Long weekend, polisi terapkan sistem 3-2-1 di simpang 5 Kenanten HOT UPDATE!

Kabar Indonesia tentang Long weekend, polisi terapkan sistem 3-2-1 di simpang 5 Kenanten.

Merdeka.com – Libur panjang (long weekend) hingga hari Senen besok (24/4), menjadi perhatian khusus jajaran Satlantas Polres Mojokerto. Tiga titik rawan macet di sepanjang jalan Nasional, By Pass Mojokerto, diantisipasi khusus, yakni simpang empat Mertex, simpang lima Kenanten, dan simpang empat Trowulan.

Iptu Agus Agus Sugiharto, Kanit Patroli, Satlantas Polres Mojokerto mengatakan, di titik rawan macet dilakukan rekayasa lalu lintas, pengaturan secara manual. Yakni pengaturan langsung oleh personel polisi di jalan, dan pengaturan manual traffic light saat kendaraan yang melintas meningkat drastis.

“Pengaturan lampu lalu lintas menggunakan pola 3-2-1, dan diprioritaskan jumlah kendaraan yang melintas paling banyak. Artinya, durasi lampu hijau kendaraan dengan antrean paling banyak diperpanjang tiga kali lipat, kemudian dari arah lainnya dua kali lipat, sedangkan yang tidak terlalu banyak durasi waktunya normal 43 detik,” kata Iptu Agus Sugiharto, Sabtu (22/4).

Sementara pantauan kendaraan di simpang lima kenanten, By Pass Mojokerto, terpantau meningkat hampir 40 persen. Terutama kendaraan dari Surabaya menuju Jombang, dan Madiun. Sedangkan kendaraan dari Arah Jombang, menuju Surabaya, cenderung lebih sedikit.

“Sabtu sore (22/4), memang diprediksi jumlah kendaraan yang melintas meningkat, terutama dari arah Surabaya menuju arah jombang, dan Madiun. Sejak pukul 15.00 WIB, kendaraan dari Surabaya arah Jombang, per menit mencapai 500 kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Kalau hari libur biasa, rata rata per menit hanya sekitar 200 kendaraan saja,” jelas Iptu Agus.

Selain titik rawan macet, jalur-jalur wisata juga diwaspadai karena rawan laka lantas. Selain jalan sempit, juga banyak tanjakan dan turunan tajam.

“Jalur wisata mulai Pacet arah Batu, Malang banyak tanjakan dan turunan tajam. Di sepanjang jalur ini disiagakan 35 personel polisi, karena rawan laka lantas,” tambah Agus.

Diperkirakan, peningkatan kendaraan yang melintas selama long weekend ini terjadi pada Sabtu Sore (22/4) terutama dari arah Surabaya menuju Jombang. Arus balik diperkirakan terjadi pada Senin malam besok (24/4). Sedangkan di jalur dan lokasi wisata, peningkatan diperkirakan pada hari Minggu-Senin besok.

“Kepadatan arus lalu lintas, kita waspadai pada Sabtu sore hingga malam hari, sedangkan arus balik kita perkirakan pada Senin malam besok,” pungkas Agus. [tyo]

Berita terbaru ini dikutip dari situs berita tentang Long weekend, polisi terapkan sistem 3-2-1 di simpang 5 Kenanten.

Leave a Reply