Laporan perincikan empayar hartanah keluarga Taib Mahmud di Kanada BENARKAH KABARNYA?

Hot update terbaru menyampaikan situasi terkini Laporan perincikan empayar hartanah keluarga Taib Mahmud di Kanada.

Laporan oleh Bruno Manser Fund (BMF) Swiss merinci kekaisaran bisnis properti keluarga Yang Dipertua Negeri Sarawak Tun Abdul Taib Mahmud di Kanada yang bernilai sekitar CA $ 200 juta (RM664 juta).

Laporan setebal 86 halaman berjudul 'Safe Haven Canada' itu disajikan di Parlemen Kanada semalam.

Laporan itu mengklaim keluarga Abdul Taib yang menyalurkan setidaknya CA $ 69.8 juta (RM232 juta) kepada kelompok perusahaan Sakto milik keluarga itu untuk investasi properti.

"Safe Haven Canada menunjukkan bagaimana keluarga Abdul Taib mengembangkan model bisnis yang menyebabkan perusahaan properti Sakto di Ottawa maju meskipun mengalami kerugian terus menerus.

"Rahasia di balik keajaiban ekonomi ini adalah penyaluran dana dari pemiliknya di Malaysia," kata BMF yang bermarkas di Swiss dalam pernyataan kemarin.

Sakto didirikan oleh adik beradik Abdul Taib, Onn Mahmud dan anak-anaknya, Jamilah Taib Murray dan Mahmud Abu Bekir Taib pada tahun 1983.

Laporan itu menyatakan bahwa Abdul Taib yang juga mantan ketua menteri Sarawak memberitahu dalam satu wawancara bahwa ia memberikan sejumlah uang kepada Jamilah untuk memulai bisnis di Ottawa.

Abdul Taib mengklaim, uang tersebut dari ganjaran yang ia terima ketika mengundurkan diri dari pemerintah Federal pada tahun 1981.

Laporan berkenaan turut memetik satu surat tahun 2017 oleh suami Jamilah dan presiden Sakto, Sean Murray kepada Toronto Star yang mengungkapkan pemegang saham perusahaan adalah Jamilah dan tiga anggota keluarga yang lain termasuk Onn.

Murray juga membantah keterlibatan Abdul Taib dalam perusahaan itu.

[Baca berita penuh]

Berita hari ini yang mengejutkan seperti disampaikan situs media tentang Laporan perincikan empayar hartanah keluarga Taib Mahmud di Kanada.

Leave a Reply