Hakim Dinilai Berpeluang Gugurkan Status Tersangka… BERITA MEDIA

Koran mengabarkan tentang Hakim Dinilai Berpeluang Gugurkan Status Tersangka….

JAKARTA – Pesan singkat atau SMS yang dikirim Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo kepada Jaksa Yulianto dinilai tidak memiliki unsur ancaman‎. Sehingga penetapan status tersangka terhadap HT dianggap tidak tepat.

“Bicara praperadilan (yang diajukan tim kuasa hukum Pak Hary Tanoe), secara substansi ‎akan menggugurkan tersangka itu,” ujar Pengamat Politik UIN Jakarta Adi Prayitno saat dihubungi SINDOnews, Senin (17/7/2017).

Menurut Adi, peluang bisa gugurnya status tersangka bukan karena memandang HT sebagai publik figur yang memiliki ‘followers’‎ atau pendukung yang banyak. Gugurnya status tersangka juga bisa diberikan kepada masyarakat biasa pada umumnya.

“Karena sekali lagi secara subtansi tidak ada unsur ancaman. Tidak usah ahli hukum untuk menjelaskan itu, masyarakat awam juga bisa menilai bunyi SMS itu,” jelasnya.

Sepengetahuan Adi, dari redaksi SMS yang dikirim HT ke Jaksa Yulianto merupakan sebuah pesan yang berbentuk seruan. Di luar sebagai publik figur seorang HT, seruan juga bisa dilakukan masyarakat umum untuk memberikan masukan kepada aparat penegak hukum agar dalam menjalankan tugasnya sesuai porsinya, tidak abuse of power.

“Saya rasa hakim akan mempertimbangkan dari sisi redaksi pesan apakah hal itu akan dianggap bentuk ancaman atau sebaliknya,” tukasnya.

Sekadar informasi, tim kuasa Hukum HT telah mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan status tersangka kepada kliennya ke Pengadilan Jakarta Selatan. Sidang sudah dalam tahap kesimpulan di mana dalam sidang itu, pemohon dan termohon hanya menyerahkan hasil kesimpulan kepada majelis hakim.‎ Dikabarkan hari ini majelis hakim akan memutus perkara gugatan praperadilan itu.

(kri)

Hot update informasi disampaikan juga pada berita terbaru tentang Hakim Dinilai Berpeluang Gugurkan Status Tersangka….