AP II Siapkan Aplikasi Pemantau Airport Helper KONDISI TERBARU

Media online mempublikasikan kabar terbaru bahwa AP II Siapkan Aplikasi Pemantau Airport Helper.

Minggu, 10 September 2017 | 15:35 WIB


Petugas Airport Helper Bandara Soekarno-Hatta sedang membantu penumpang di Terminal I A, 3 September 2017. TEMPO/JONIANSYAH HARDJONO

Petugas Airport Helper Bandara Soekarno-Hatta sedang membantu penumpang di Terminal I A, 3 September 2017. TEMPO/JONIANSYAH HARDJONO.

TEMPO.CO, Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) tengah menyiapkan sistem teknologi informasi yang dapat memantau langsung pergerakan personil airport helper. Aplikasi ini disiapkan untuk memaksimalkan layanan penyedia troli dan pengangkut barang bawaan penumpang gratis di Bandara Soekarno-Hatta.

“Saat ini tinggal tahap penyempurnaan, secara sistem sudah siap,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II Agus Haryadi saat dihubungi Tempo, Ahad 10 September 2017

Aplikasi ini, kata Agus, tidak hanya untuk kepentingan internal Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta, tapi juga menguntungkan sekaligus melibatkan langsung pengguna jasa bandara atau penumpang pesawat. “Berbagai menu tersedia, pengguna jasa bandara bisa memesan airport helper sebelum penerbangan atau memberikan penilaian atas jasa mereka,” kata Agus

Progres dari aplikasi ini, kata Agus, sudah mencapai 75 persen.” Sekitar pekan depan mudah-mudahan bisa diluncurkan,” katanya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan alikasi digital ini juga dapat mengecek berapa banyak personil yang sedang melayani penumpang pesawat di Terminal. “Dalam waktu dekat akan difungsikan aplikasi mobile app sebagai tools kerja para airport helper,” kata Awaluddin.

Awaluddin mengatakan Angkasa Pura II terus melakukan upaya perbaikan terhadap layanan pengumpul troli dan pengangkut barang bawaan penumpang gratis itu.

Menurut dia, agar kinerja airport helper dengan maksimal diperlukan fungsi supervisi dengan fokus pada people, process dan facilities yang  menggunakan teknologi informasi. Melalui teknologi itu, nantinya penumpang pesawat juga dapat menilai personil airport helper melalui telepon genggam.

Airport helper adalah layanan yang diberikan secara gratis bagi untuk membantu penumpang pesawat membawa barang bawaan ketika tiba di Terminal. Personil airport helper memakai seragam berwarna biru bertuliskan airport helper.

Selain itu airport helper seharusnya secara aktif bertanya apakah penumpang pesawat membutuhkan bantuan untuk membawa barang bawaan atau tidak. Apabila membutuhkan bantuan, maka airport helper harus membantu.

Layanan airport helper tersedia 24 jam di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di mana dalam 1 hari terdapat tiga shift kerja yakni dimulai pada pukul 06.00 WIB, lalu 14.00 WIB, dan 22.00 WIB. Adapun pada setiap shift kerja terdapat 90 personil airport helper yang bertugas.

JONIANSYAH HARDJONO



Berita terbaru ini dikutip dari situs media tentang AP II Siapkan Aplikasi Pemantau Airport Helper.