Ada Dana Desa, Sri Mulyani: Masyarakat Pedesaan Bisa Investasi di Pasar Modal! : Okezone Ekonomi HOT UPDATE!

Hot update terbaru menyampaikan situasi terkini Ada Dana Desa, Sri Mulyani: Masyarakat Pedesaan Bisa Investasi di Pasar Modal! : Okezone Ekonomi.

JAKARTA – Pemerintah telah mengucurkan anggaran dana desa yang cukup besar setiap tahunnya. Anggaran dana desa ini meningkat setiap tahunnya.

Pada saat awal diluncurkan, dana desa hanya dialokasikan sebesar Rp20 triliun. Dana desa ini ditingkatkan hingga menjadi Rp47 triliun dan kembali meningkat pada tahun ini sebesar Rp60 triliun.

 Baca juga: Harapan Menkeu untuk Galeri Investasi BEI: Anak-Anak Muda Harus Paham Pasar Modal!

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, dana desa ini dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Hal ini pun dapat berdampak pada peningkatan penghasilan masyarakat di pedesaan.

“Seperti diketahui bahwa pemerintah bahkan telah mengalokasikan hampir Rp60 triliun, dan sekarang ada dana-dana desa yang bisa dipakai untuk membangun desa dan tentunya dari sisi kegiatan itu bisa menimbulkan dampak pendapatan meningkat di pedesaan,” kata Sri Mulyani di depan Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Sri Mulyani pun berharap peningkatan pendapatan masyarakat di pedesaan dapat berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat untuk menabung. Bahkan, masyarakat di pedesaan diharapkan dapat berpartisipasi untuk berinvestasi di pasar modal.

 Baca juga: 40 Tahun Pasar Modal, Hebat! Kapitalisasi Pasar di Indonesia Meningkat 200.000%

“Karena itu, pendapatan mereka diharapkan bisa meningkat. dengan pendapatan naik mereka bisa menabung dan berpartisipasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dana desa ini dapat berdampak pada peningkatan ekonomi di pedesaan. Dana desa ini diharapkan dapat berdampak positif bagi kehidupan ekonomi pedesaan.

“Dana desa itu masih pada tahap melengkapi infrastruktur di desa, kemudian pasca panen seperti numbuk, dryer, itu yang lebih diperlukan bagi mereka. Jadi dana desa‎ adalah suatu investasi besar dari pemerintah sehingga dia bisa memperkuat perekonomian desa, apalagi desa bisa mengembangkan suatu komoditi unggulan per desa,” ujar Darmin pada kesempatan yang sama.

Lini usaha di pedesaan juga diharapkan dapat berkembang dengan adanya dana desa. Perkembangan ini juga turut didorong oleh pembangunan infrastruktur pada berbagai pedesaan di Indonesia.

“Itu akan membuka jalan pada pengembangan usaha-usaha di desa lebih ke kelompok atau cluster, tidak sekadar perorangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan penggunaan dana desa ini dilakukan dengan hati-hati. Pengawasan harus dilakukan dengan ketat agar dana desa ini tidak disalahgunakan.

Dana desa ini diharapkan dapat berdampak pada meratanya pertumbuhan ekonomi di desa-desa. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dengan pemanfaatan dana desa ini.

“Saya minta kita semua ikut awasi, kontrol agar uang ini tidak dikorupsi, diselewengkan, tidak hilang dan bisa perbaiki infrastruktur desa, bangun di desa, membantu pemberdayaan masyarakat desa,” ungkap Jokowi di Ji-Expo, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2017 lalu.

Berita hari ini yang mengejutkan seperti disampaikan situs media tentang Ada Dana Desa, Sri Mulyani: Masyarakat Pedesaan Bisa Investasi di Pasar Modal! : Okezone Ekonomi.