7 Langkah Ini Bikin Tetap Bugar Usai Kemoterapi ISU POLITIK?

Benarkah telah terjadi hari ini? 7 Langkah Ini Bikin Tetap Bugar Usai Kemoterapi.

Minggu, 12 Maret 2017 | 15:30 WIB

Ilustrasi wanita dan pria berolahraga. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta -Pengobatan kanker mungkin dapat menguras tenaga Anda, baik secara fisik dan emosional, sehingga sangat umum untuk merasa lelah. Konsultasi dengan dokter Anda pasti akan membantu.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar tetap bugar, meski pengobatan atau  kemoterapi dilakukan. Simak triknya seperti yang ditulis  Laura J. Martin, dalam laman WebMD.

Baca juga: Kedelai Amankah untuk Penderita Kanker Payudara?

1.Sebisa mungkin terus bergerak
Anda mungkin tidak merasa seperti bergerak otot, tapi latihan dengan benar dapat meningkatkan energi Anda. Coba berjalan, atau aktivitas moderat lain yang Anda dapat menikmati, sesering yang Anda bisa, bahkan jika itu hanya untuk 15 menit.

2.Meringankan pikiran
Latihan pikiran-tubuh seperti yoga, tai chi, atau qi gong (bentuk Cina meditasi bergerak) dapat mengurangi kelelahan dengan membantu Anda fokus pada relaksasi.

3. Berpergian yang memudahkan diri Anda
Mencari tahu apa yang perlu lakukan saat ini, dan apa yang dapat menahan Anda. Menyebar kegiatan sepanjang hari Anda, dan pastikan untuk beristirahat di antara kegiatan.

4.Tidur nyenyak
Tidur malam yang baik dapat membantu Anda merasa lebih beristirahat. Matikan musik dan semua layar selama tidur, dan membatasi tidur siang untuk satu jam atau kurang. Sebelum tidur juga merupakan waktu yang baik untuk kegiatan yang membuat Anda santai, seperti meditasi atau journal.

5. Membicarakannya
Kecemasan, ketakutan, dan keputusasaan dapat menambah kelelahan juga. Seorang terapis dapat membantu Anda mengeluarkan beberapa perasaan itu. Anda juga dapat bergabung dengan kelompok pendukung sehingga Anda dapat mendengar bagaimana orang lain dalam pengobatan menangani kelelahan mereka.

6. Minum cukup cairan
Dehidrasi dapat membuat Anda lelah dan bingung. Simpanlah botol air dan minumlah sering mungkin. Jika Anda tidak suka rasa air putih, coba tambahkan irisan lemon, jeruk, atau jeruk nipis. (Baca :Jangan Sering Makan Daging Olahan! Ini Bahayanya )

7. Makanan ringan
Anda perlu kalori untuk menjaga kekuatan. Jika nafsu makan kurang, cobalah makan 5 sampai 6 makanan kecil sepanjang hari bukan tiga yang besar.

WEBMD | AFRILIA SURYANIS

Baca juga :
Cegah Stroke Sebelum Terlambat! Begini Kata Dokter Spesialis 

Cerita aneh menurut situs berita tentang 7 Langkah Ini Bikin Tetap Bugar Usai Kemoterapi.

Leave a Reply