5 Tips Merencanakan Biaya Nikah Murah

5 Tips Merencanakan Biaya Nikah Murah Dana resepsi yang besar kadang kali menjadi salah satu kendala yang mengganjal setiap pasangan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Padahal, jika mau berhemat, pernihakan tidak memerlukan dan yang cukup bersar kok. Pesta resepsi tetap bisa digelar dengan biaya yang terjangkau, tanpa perlu menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah.

Tips Biaya Nikah Murah

Biaya Nikah Murah

Sebuah pernikahan sederhana namun penuh makna bisa tetap digelar dengan biaya yang ringan, bahkan hanya sekitar Rp 50 juta. Yap, Rp 50 juta! Mungkin kamu pernah melihat cuitan yang belakangan viral dari seorang perempuan bernama Jasmine yang membagikan kisahnya menggelar resepsi pernikahan dengan anggaran Rp 50 juta.  beberapa tips merencakan Biaya nikah murah yang perlu Anda ketahui

Nah, mereka ternyata punya strategi sederhana yang bisa ditiru jika kamu berencana menggelar pernikahan dalam waktu dekat ini. Berikut adalah beberapa ringkasan bagaimana merencanakan biaya nikah murah namun tidak mengurangi prosesi khidmatnya pernikahan.

Batasi jumlah undangan

Dalam kisah Jasmine yang dibagikan melalui akun twitternya @juliajasminee, ia bisa menghemat sampai dengan Rp 50 juta untuk biaya pernikahan. Selain itu, ia juga menambah anggaran sekitar Rp 10 juta untuk bulan madu ke Hong Kong. Jadi, total anggaran pernikahan termasuk bulan madu, Jasmine membutuhkan dana sekitar Rp 60 juta.

Salah satu strategi yang diterapkan Jasmine adalah dengan membatasi undangan. Sangat wajar jika merencanakan biaya pernikahan murah dimulai dari membatasi jumlah undangan. Jasmine mengundang sekitar 200 orang dengan biaya katering sekitar Rp 12 juta.

Nah, dari situ kita bisa berhitung bahwa Jasmine mengalokasikan dan katering sekitar Rp 60 ribu per orang. Dana konsumsi ini memang memiliki porsi anggaran yang lebih besar dibandingkan dengan anggaran lainnya dalam pernikahan.

Supaya lebih hemat lagi kamu bisa membatasi jumlah undangan 100 orang atau mengurangi dan konsumsi ditekan hingga Rp 45 ribu perorang. Jika kamu mengundang 200 orang dengan budget Rp 45 ribu perorang kamu membutuhkan dana katering sekitar Rp 9 juta. Sudah bisa menghemat anggaran Rp 3 juta dari budget yang diceritakan oleh Jasmine.

Cari tempat dengan konsep outdoor

Yang kedua adalah memikirkan tempat resepsi pernikahan. Meskipun akan lebih hemat jika dilaksanakan di rumah, tapi kamu pasti akan lebih repot karena harus melayani tamu dari pagi sampai larut malam. Belum lagi dengan beres-beres dan dekorasi rumah agar tampil lebih layak.

Supaya enggak ribet, kamu bisa kok mencari venue yang terjangkau. Tak harus di gedung atau hotel mewah. Beberapa resto atau kafe pun kadang kini bisa disewa untuk menyelenggarakan pernikahan sederhana. Apalagi jika kafenya memiliki lahan outdoor di belakang bangunan lengkap dengan kolam renangnya.

Seperti Jasmine yang menyewa Venue Rp 10 juta dengan dekorasi Rp 6 juta. Total Jasmine membutuhkan Rp 16 juta untuk mendapatkan Venue resepsi pernikahan menarik yang sudah dihias dan didekorasi dengan indah.

Salah satu faktor yang membuat Jasmine bisa berhemat adalah konsep resepsi pernikahan tanpa pelaminan. Dengan begitu selain menghemat dana, pengantin juga bisa lebih leluasa berbaur dengan para undangan yang notabene merupakan keluarga dan teman-teman terdekat saja.

Pemilihan venue juga dipengaruhi hari. Jika kamu memilih hari Sabtu atau Minggu jelas lebih mahal. Tetapi, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih hari pada Jumat malam. Waktu tersebut cukup cocok kok karena jelang weekend dan dilaksanakan sepulang kantor.

Baju pengantin dan make up sederhana

Untuk baju atau busana pengantin sebetulnya bisa sewa agar bisa menekan dana pernikahan lebih murah lagi. Jasmine menghabiskan anggaran sekitar Rp 2,5 juta untuk busana pengantin dan rias pengantin minimalis.

Pengantin perempuan akan tetap cantik kok dengan riasan minimalis. Apalagi saat ini memang sedang tren make up minimalis yang tetap meninggalkan kesan cantik dan anggun.

Seserahan bisa dibuat sendiri dengan menekan biaya

Seserahan atau barang bawaan yang dibawa calon mempelai laki-laki untuk calon mempelai wanita bisa dimodifikasi sendiri agar lebih murah. Nah, di sini juga pentingnya komunikasi antara pasangan kamu sendiri.

Soal seserahan, biasanya dalam tradisi di Indonesia, calon mempelai wanita bisa meminta barang tertentu atau menyerahkan sepenuhnya pada calon mempelai laki-laki. Kalau kamu punya permintaan khusus pada pasangan kamu, jangan ragu untuk disampaikan. Yang penting bukan Lamborghini atau Ferrari ya, pastikan permitaanmu masih masuk ke dalam bujet kalian.

Anggaran seserahan juga bisa digabung dengan anggaran untuk membeli cincin pernikahan. Jasmine memiliki anggaran seserahan dan cincin pernikahan masing-masing Rp 5 juta dan Rp 4,5 juta. Cukup terjangkau bukan?

Nah, beberapa aspek penting dalam pernikahan sudah bisa dianggarkan dengan baik mulai dari tempat, biaya konsumsi, rias, dekorasi juga cincin pernikahan. Selebihnya kamu tinggal memikirkan biaya administrasi KUA, dokumentasi, hiburan, dan biaya bulan madu.

Merencanakan bulan madu

Bulan madu sepertinya memang tetap harus dianggarkan dalam budget pernikahan. Bagaimanapun inilah waktu pertama kamu dengan pasangan yang akan menjadi teman setia seumur hidup kamu. Destinasi dalam atau luar negeri tentu dikembalikan pada selera dan bujetmu masing-masing.

Jasmine dan pasangannya memilih berbulan madu ke Hong Kong dengan dana sekitar Rp 10 juta. Dengan dana seperti itu kamu malah bisa memilih bulan madu selain di Hong Kong. Misalnya ke Bali, Lombok, Sumba, atau negara tetangga seperti Singapura, Malaysia atau Thailand.

Jika ternyata budget kamu tipis, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli tiket pesawat dan hotel dengan memanfaatkan kemudahan kta tanpa kartu kredit dari Kredivo. Memang cukup banyak calon pengantin yang memanfaatkan fasilitas KTA untuk kebutuhan pernikahan mereka. Umumnya KTA yang biasa diberikan berupa dana segar. Namun, sekarang, seiring dengan perkembangan inovasi kredit, muncul KTA tanpa kartu kredit yang prosesnya lebih cepat, syaratnya mudah, bahkan tanpa survei dan pengajuannya online, seperti yang Kredivo tawarkan.

Perlukah Merencanakan Biaya Nikah Murah?

Kamu bebas bisa beli tiket pesawat maupun reservasi hotel melalui merchant dengan pembayaran menggunakan Kredivo. Kelebihan kta tanpa kartu kredit lewat Kredivo, kamu bisa memilih opsi pembayaran cicilan dengan tenor mulai dari 3, 6, sampai dengan 12 bulan, dan menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kondisi keuanganmu. Tentunya pilihan tenor yang variatif tersebut bisa membuatmu semakin ringan dalam membayar cicilan. Bunga yang dikenakan juga cuma 2,95% per bulan. Jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis, bunga di Kredivo jauh lebih ringan hingga 50%!

Dengan Kredivo, bulan mau kamu ke luar negeri bukan lagi impian. Cek aja di halaman ini tentang cara mengajukan kta tanpa kartu kredit dengan syarat sangat mudah tanpa harus bayar dp dan tanpa dikenai biaya administrasi pembayaran sama sekali. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda dalam merencakan biaya nikah murah yang Anda inginkan.